31 Maret 2009

Gaya Arsitektur Mediterania

Sejarah Singkat Arsitektur Mediterania
Mediterania merupakan sebutan bagi wilayah-wilayah yang mengelilingi laut Tengah, yang wilayahnya meliputi 3 benua sekaligus.
Dari benua Eropa yang termasuk wilayah Mediterania
adalah Spanyol, Perancis Selatan, Italia, dan Yunani, sedangkan dari Asia adalah Turki dan Timur Tengah. Dari Afrika diantaranya Mesir dan seluruh negara di Afrika Utara. Namun dibelahan bumi lain sebutan Mediterania muncul. Gaya Arsitektur yang diproklamirkan, justru hadir jauh dari tempat lahirnya bentuk Arsitektur itu sendiri.
Gaya arsitektur yang dibawa oleh pendatang- pendatang kebangsaan Spanyol ke Amerika Serikat disebut Arsitektur Mediterania. Bangsa Spanyol datang ke Florida pada abad ke enambelas dengan membawa gaya arsitektur ke negara yang di ekspansinya. Zaman keemasan gaya arsitektur Mediterania berlangsung dibagian selatan Amerika Serikat, yang berlangsung pada dekade awal abad sembilan belas. Dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa gaya arsitektur Mediterania merupakan gaya Arsitektur yang berasal dari Spanyol.
Perkembangan Gaya Arsitektur Mediterania
Kata "Mediterania" memberi kesan suasana langit yang biru dengan kehangatan sinar matahari. Ciri-ciri bangunan Mediterania memang sesuai bagi daerah-daerah yang beriklim panas. Keberadaan arsitektur Mediterania merupakan jawaban atasnya.
Keindahan tradisi Mediterania dengan karakter bangunan yang berdinding tebal untuk melindungi panas disiang hari namun tetap hangat dimalam hari, jendela-jendela kecil untuk menahan hawa panas, serta taman yang terlindung secara privacy didalam bangunan merupakan ciri khusus gaya arsitektur Mediterania yang telah berkembang secara berabad-abad.
Seni bangsa Spanyol termasuk didalamnya arsitektur Spanyol terpengaruh oleh seni-seni yang berasal dari Romawi seperti round-arched, rhythmic, dan kecintaan pada hangatnya sinar Matahari (sun loving).
Bentuk-bentuk rumah yang merupakan jawaban atas iklim Mediterania, seperti juga bentuk-bentuk rumah kota Yunani dan Romawi, memiliki wajah yang menurut Newcomb disebut sebagai "bleak and barefachada (face) to the street". Ekspresi wajah rumah tinggal ini diperkenalkan pula samapi ke Amerika Selatan, Mexico, Hindia-Belanda serta daerah-daerah pemukiman orang Spanyol dinegara lain.

5 komentar:

  1. bagus infonya tentang bangsa mediterania, blog anda saya jadikan link untuk memperkenalkan tentang bagsa mediterania yang mampir di blog saya.silahkan berkunjung ....

    BalasHapus
  2. salam kenal
    wah artikelnya bagus bagus,bisa buat inspirasi nih
    mampir juga ke blog ku ya..
    http://www.animetrics.blogspot.com
    thanks

    BalasHapus
  3. tq.. nih bwt referensi karya tulis u/ syarat UAN......................sip tok wesssssss

    BalasHapus